Liga Inggris Baru Mulai, Kok Banyak Hujan Gol?

Posted on

Di satu bulan pertama, Liga Inggris telah hujan gol. Ada skor-skor besar serta kemenangan mutlak, apa sebab tidak ada pemirsa di stadion?
BBC menulis, ada 144 gol dalam 38 pertandingan pertama di Liga Inggris musim ini. Itu lebih banyak 40 gol dalam periode yang serupa di musim kemarin.

Beberapa pertandingan dengan skor-skor besar seperti, paling baru MU vs Spurs usai 1-6, Aston Villa vs Liverpool 7-2, serta Manchester City vs Leicester City 2-5.

Rerata 3,79 gol terbentuk per pertandingan. Itu adalah angka paling tinggi di Liga Inggris semenjak 3,95 gol per pertandingan di tahun 1930-31.

Rerata ada 4,05 ‘peluang besar’ per pertandingan selama ini, lebih tinggi dari musim kemarin. Serta alterasi shooting bertambah dengan cara menegangkan jadi 16,1% dari 11%.

Pertanyannya, kenapa demikian dapat banyak berlangsung hujan gol?

Unsur stadion yang kosong disebut jadi salah satunya pemicunya (karena epidemi Corona). Tidak ada desakan dari supporter, membuat beberapa pemain lebih bebas mengkreasikan gempuran serta coba-coba hal baru untuk cetak gol.

“Sepakbola ialah permainan yang dilandaskan pada intimidasi, ketakutan, serta itu sudah lenyap tanpa fans di stadion,” kata psikolog olahraga, Michael Caulfield.

Tidak ada supporter atau beberapa fans, membuat beberapa pemain bisa memikir lebih jernih serta masak. Kedatangan supporter dipandang memengaruhi 20 % performa di atas lapangan.

Michael Caulfield memberikan tambahan, selain itu unsur persiapan mendekati pertandingan diawali memengaruhi performa beberapa pemain. Tidak ayal, pertandingan beberapa liga di Eropa pernah mandek karena epidemi virus Corona.

Beberapa team hanya punyai sedikit pertandingan eksperimen

Juga pertandingan di liga tidak ‘seimbang’. Ada yang telah bermain 4x, ada yang baru 3x karena masih minimnya waktu istirahat dari ikuti tersisa pertandingan di musim kemarin.

“Pemain tidak hanya merasai kecapekan fisik. Dan juga, kecapekan mental,” tegas Michael Caulfield.

Belum juga, VAR (Video Assistant Referee) demikian punya pengaruh. Peristiwa yang dipandang polemis, dapat diambil ketetapan dengan pas melalui siaran lagi.

Karena itu Premier League, semakin menarik untuk dilihat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *