Riwayat Liverpool FC Lengkap dari Mulai Berdiri Sampai Saat ini

Posted on

Riwayat Liverpool – Liverpool FC, adalah salah satunya club sepakbola profesional asal kota Liverpool di teritori Merseyside, Inggris. Liverpool jadi salah satunya club terbaik baik di Inggris atau di Eropa. Club ini mempunyai juta-an penggemar di penjuru dunia, bukan hanya di Inggris saja, di mana beberapa fans Liverpool dikatakan sebagai The Kop. Liverpool sudah mengoleki 18 piala liga Inggris dan jadi club Inggris dengan titel juara Liga Champions paling banyak, dengan keseluruhan 5 titel juara UCL. Di bawah ini adalah informasi riwayat Liverpool lengkap dari memulai berdiri pada tahun 1892 sampai saat ini di zaman sepakbola modern.

Riwayat Liverpool

Awalnya Liverpool Dibangun Tahun 1892

Liverpool pertamanya kali dibuat di tahun 1892. Awalannya club ini dibuat sebab ada pemecahan di barisan pejabat Everton, club dari kota Liverpool yang lebih dahulu ada. Perselisihan di antara presiden club Everton waktu itu, John Houlding dan pejabat club lain juga berlangsung. Everton yang tempati stadion Anfield selanjutnya harus berpindah ke Goodison Park dan di saat yang serupa, Houlding membuat club baru namanya Liverpool FC untuk bermain di Stadion Anfield.

Nama awalnya club yang dipakai ialah Everton FC and Athletic Grounds Ltd atau dipersingkat Everton Athletic, tetapi cuman bertahan beberapa waktu saja saat sebelum bertukar nama jadi Liverpool FC di bulan Maret 1892. Semenjak musim 1893-1894, mereka resmi tergabung di persaingan Liga Inggris di Seksi 2. Liverpool langsung promo ke Seksi Khusus dan sukses jadi juara Liga Inggris pada tahun 1901 dan 1906, dua piala liga pertama kali dalam riwayat Liverpool.

Club ini sempat meraih keberhasilan di masa 1920-an dengan meraih 2 titel juara liga kembali. Tetapi prestasi mereka sempat turun, khususnya di zaman Perang Dunia II. Sesudah sempat juara kembali pada tahun 1947, Liverpool malah terdegradasi pada tahun 1954 dan berada di Seksi 2 sepanjang lima musim.

 

 

Zaman Keberhasilan Bill Shankly dan Bob Paisley

Kemudian, Bill Shankly dipilih selaku pelatih Liverpool. Di zaman kepelatihan Shankly, Liverpool selanjutnya berhasil meraih periode keemasan. Sesudah kembalikan Liverpool ke Seksi 1, Shankly bawa club ini jadi juara liga kembali pada tahun 1964 dan memenangi Piala FA pertama pada tahun 1965. Piala Eropa pertama disembahkan dengan jadi juara UEFA Cup pada tahun 1973.

Sesudah Shankly mundur pada tahun, status pelatih diganti oleh orang kepercayaannya, Bob Paisley. Paisley selanjutnya bawa Liverpool meraih keberhasilan cemerlang di tingkat Eropa. Tahun 1977 dan 1978, Liverpool berhasil meraih kemasyhuran dengan merangkul piala Liga Champions (waktu itu masih namanya European Cup). Dalam 9 tahun periode kepelatihan Bob Paisley bersama Liverpool, keseluruhan 21 piala sudah dia sembahkan. Ini terhitung 3 titel juara Liga Champions dan 6 titel juara Liga Inggris. Runtutan piala itu juga membuatnya selaku pelatih paling sukses dalam riwayat Liverpool.

Tragedi Heysel dan Tragedi Hillsborough

Alternatif Bob Paisley ialah Joe Fagan langsung meraih tiga piala pada musim pertama kalinya (Liga Champions, Liga Inggris dan Piala Liga). Liverpool sempat bisa lolos kembali ke final Liga Champions tahun 1985 yang diadakan di Stadion Heysel, Belgia. Sayang pertandingan itu malahan jadi tragedi. Liverpool kalah menantang Juventus, tetapi informasi khusus malahan fokus pada kekacauan dan tragedi yang berlangsung yang sampai tewaskan 39 pemirsa. Tragedi ini dikatakan sebagai Tragedy Heysel. Mengakibatkan, Liverpool dijatuhi hukuman jangan bermain di persaingan Eropa sepanjang enam musim.

Di tahun 1989, Liverpool kembali lagi terjebak pada suatu tragedi, yakni Tragedi Hillsborough yang tewaskan 96 orang waktu pertandingan semi final Piala FA menantang Nottingham Forest. Ini disebabkan kurangnya keamanan di stadion. Liverpool meraih titel juara Liga Inggris ke 18 kali pada musim 1989-90 yang menjadi rekor gelar liga paling banyak antara club Inggris saat sebelum disalip oleh Manchester United di tahun 2013 kemarin. Kenyataannya piala juara liga pada tahun 1990 itu sesaat jadi yang paling akhir sampai saat ini.

Liverpool di Zaman Premier League

Di zaman 90an, Liverpool cuman memenangi 1 Piala FA dan 1 Piala Liga saja walau seringkali bertukar pelatih. Pelatih Gerard Houllier sempat meraih tiga gelar dalam satu musim di tahun 2001, walau gelar yang dicapai cuman UEFA Cup, Piala FA dan Piala Liga saja. Houllier ditukar oleh Rafael Benitez yang berhasil meraih gelar Liga Champions ke-5 pada tahun 2005. Liverpool berhasil menaklukkan AC Milan di final di Istanbul, Turki, sesudah sempat ketinggalan 0-3 lebih dulu. Partai final itu dipanggil selaku Miracle of Istanbul.

Sekarang Liverpool masih jadi salah satunya club paling populer di Inggris dan Eropa.

Walau demikian semenjak zaman Premier League awal tahun 1992, Liverpool belum juga pernah meraih titel juara liga.

Beberapa nama pemain Liverpool yang dengan status pemain bintang

di zaman modern seperti Steven Gerrard, Michael Owen, Jamie Carragher, Xabi Alonso, Luis Suarez

atau Mohamed Salah belum sanggup bawa piala Premier League.

Walau juga demikian, club ini masih terdaftar selaku club Inggris paling sukses di Eropa dengan 5 piala Liga Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *